Thursday, June 27, 2013

Pentulisan Ilmiah Part 1

Jreeeng jreeeeng, akhirnya sampe juga kuliah gw di semester 6 yang alhamdulillah agak lumayan lancar tanpa ada hambatan :3. Sampe juga dimana fase yang kata kakak kakak senior gw di lab paling rawan. Kenapa rawan ?, karena disinilah uang sekitar 1 jutaan dipertaruhkan !!. Disiniah gw dijodohkan dengan mata kuliah seberat 3 sks yang kata orang-orang anker. 

Tong teng tong teng *nadaawalandoraemon "PENULISAN ILMIAH" *towet towet towewewewewew.



Temen pada heboh tuh pas awal masuk di kampus pada nanya "lu PI mau ngangkat apa ?, tentang apa, pokoknya sesuatu tentang itu deh ". Ditumpahi pertanyaan kaya gitu gw dengan sigap dan percaya diri ngejawab "AR !!! "

Pertanyaannya di dalem lubuk hati gw ke diri sendiri adalah "AR ?, emang lu punya webcam ?" 

Tunggu tunggu, kayaknya daritadi gw ngomongin AR melulu dan dari tampang tampang yang lagi baca pada ga ngerti nih ?. Nih gw ceritain sekilas apa itu AR.

AR yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai realitas tertambah atau aplikasi realitas yang diperluas, adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (Wikipedia, 2009).

Singkat cerita gw jelasin intinya ya, lu misal punya laptop yang udah ada aplikasi AR dan sebuah marker atau penanda. Ketika lu jalanin aplikasi AR dan ngarahin marker atau penanda ke webcam, akan muncul obyek 3 dimensi di atas marker itu, kereeen kan ? :)))))


nih cara kerjanya yang masih pada gaptek, hehehe




Setelah nyari nyari info tentang AR, Gw pun ngambil kesimpulan mau buat 
Tong teng tong teng *nadaawalandoraemon "SCANNER HARGA" *towet towet towewewewewew.

Back to jadwal :
1. minggu pertama mata kuliah tatap tatapan muka sama penulisan ilmiah
*Catatan : dosen pembimbing ga dateng
2. minggu kedua mata kuliah tatap tatapan muka sama penulisan ilmiah
*Catatan : dosen pembimbing ga dateng again !!

Gw sempet berfikir apa mahasiswa sendiri yang harus nyari itu dosen, tapi ga mungkin banget soalnya belom ada pengarahan sama sekali dari pihak berwenang. Eh ternyata usut punya usut memang gitu, ternyata dospem datang minggu ke 3 !! :)))

Saat pertemuan pertama dengan dospem pun terjadi. Nama mahasiswa dipanggil satu persatu untuk ngajuin judul penulisan. sebagian besar pada bikin aplikasi buat Android dan ternyata di kelas, gw satu satunya yang ngangkat AR. Oh meeeeeen !!!!
Beberapa saat kemudian nama gw akhirnya dipanggil.
Berikut cuplikan dialog yang terekam kamera pengintai, haha becanda

DP : Dospem alias Dosen Pembimbing
G : Gw alias Dimas Dasa r emang ganteng *eh

DP: "Silahkan duduk dimas"
G: "Ya makasih pak"
DP: "mau buat apa kamu ?" *dalem hati gw "seeet !!, tunjepoin amat, jangan jangan galak"
G: "Mau buat AR pak" *sambil tersenyum memelas agar disetujui
DP: "Wah bagus, saya setuju, uda jarang banget yang buat tentang AR" *sambil nulis di buku laporan judul.
G: *gw cuma bisa tersenyum sampe terdengar kata kata ....."
DP: "Hati hati tahun kemaren banyak yang gagal"
G: *Kenapa ga bilang hati hati dulu si pak, abis itu baru nulis di buku laporannya !!!
DP: "yasudah silahkan duduk kembali, saya tunggu minggu depan BAB 1 nya..."

Gw pun kembali ke tempat duduk denganmengulang ngulang pertanyaan di kepala "gagalnya kenapaaaaaa "

To Be Bersambung.......


No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...