Monday, September 23, 2013

Something Shit About "Sistem Informasi" Part 1

Tau ga sih sebagian besar orang pasti ga tau apa sih yang dipelajarin di jurusan mengenai komputer ?. Ya kalo di inget inget hampir semua masalah komputer menyangka bahwa orang komputer pasti bisa betulin. hell-O belum tentu coy bro mbak neng sist, jurusan komputer juga masih dibagi2 kaya jurusan kedokteran. Contoh kedokteran kan memiliki banyak cabang misal dokter saraf, dokter penyakit dalam, dokter cinta haha dan lain lain. nah komputer juga kaya gitu bro coy sit mba neng. Nih gw ceritaiin dikit mengenai pengalaman di jurusan gw yaitu Sistem Informasi.

Jurusan sistem informasi, kalian baca ga ? "sistem informasi". Nah pada tau sendiri kan apa yg dimaksud jurusan SI (biar mudah disebut). Wah pinter nih uda bisa jawab, SI itu tugas utamanya adalah MENGOLAH. Gak usah bengong gitu emang tugasnya itu. Maksud mengolah disini bisa dalam ruang lingkup yg luas loh. Diantaranya merencanakan, mengatur,mendesain,mencoba,mengembangkan, dan lain lain. Gw pake bahasa sehari hari aja tuh biar kamu semua ga bingung. Intinya jurusan SI ini diharuskan dapat mengolah DATA menjadi INFORMASI.




Apa itu data ?. Contoh coba deh kamu sebut umur kamu sekarang ya di dalam hati juga gak apa apa. Udah ? sekarang coba kamu ucapkan angka dari umur kamu itu ke orang di sekitar kamu, misal umur 17 ya sebut saja "tujuh belas". Pasti orang di sekitar kamu yg kamu bingung "apa arti 17 itu". Nah itu adalah data, data merupakan sebuah rekaman kejadian yang tidak memiliki arti apa2 untuk orang lain (umum). Sedangkan informasi pasti udah pada tau kan artinya apa ?. gw lewat deh... eh tapi mukanya pada bingung nih ? haha oke gw jelasin lagi.

Coba kata 17 itu kamu tambahin "umur saya 17 tahun" terus bilang ke orang yg deket dengan kamu. Nah pasti orang tersebut mengerti apa maksud dari 17 itu. Thats Informasi :)
Orang SI diharuskan bisa merubah data yg mungkin tidak bernilai apa2 untuk orang lain menjadi informasi yang sudah pasti dapat dimengerti oleh orang lain (user).

Banyak orang yang nanya ke gw "APA SIH YG DIBUTUHIN BANGET BUAT JADI ORANG SI" dan gw selalu jawab "RASA PENASARAN". Loh kenapa penasaran ? jadi arwah penasaran bagus dong buat masuk SI *yakali deh -_-". Rasa penasaran yg dimaksud adalah kalau misal kita lagi memecahkan suatu kasus, tuh programnya ga berhasil melulu. nah kita penasaran dan ga berenti memutar otak buat nyari jalan keluarnya.



Yang ke 2 adalah LOGIKA. logika yg dimaksud misalnya gini. Gw kasih pertanyaan "kalau mau masak mie instant, apa sih yg bakal lu lakuin ?". Nah lu pasti mikir bla bla bla bla, gw tambahin lagi "kalau mie nya ga ada ?", kamu harus mikirin jalan keluar misal beli dulu. kalo ada masalah lagi "uang ga ada", kamu juga harus mengantisipasi misal ngerampok bank *abaikan. Kamu harus bisa membayangkan apa prosesnya, apa kendalanya atau bisa dibilang kemungkinan2, dan jalan keluarnya. Contoh ke 2 adalah apa sih yg kamu lakuin buat nyari luas persegi. Kamu harus mencari dulu panjang sisinya berapa, rumusnya apa, baru bisa memprosesnya.




Udah dulu ya sedikit dan secuil something shit yg gw bagikan buat kamu semua. Semoga bisa memperkuat buat orang yg ingin masuk di dunia kaya gw :).

12 comments :

  1. wah.. sebelum aku baca blog kmu barusan aku nyuruh keponakan gw yg jurusan S1 buat behanih charger gw.. hahaha.. dia ngotot gak bisa... tak kira dia ngeles... eh..
    ternyata.. gue ada pencerahan dari sini... makasih.. salam kwancut

    ReplyDelete
  2. haha wah kejam yah sampe disangka gitu :P

    ReplyDelete
  3. oh jadi gitu ya, TKJ aja kadang udah dibikin ribet sama Jaringan apalagi SI kayaknya makin rumit haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. SI jaringan ga terlalu di prioritaskan, cuma diperkuat konsep dan logikanya aja. Tapi kalau mengerti jaringan bisa jadi nilai tambah :)

      Delete
    2. makasih infonya mas bro, bisa buat referensi buat milih jurusan kuliah nih :D

      Delete
    3. semoga bisa ,anfaat ya, sukses :)

      Delete
  4. lah, bener tuh, awal masuk SMK ambil jurusan TKJ, ternyata di komputer ga cuma itu; revisinya banyak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau TKJ gw ga tau eh gimana pelajarannya, soalnya gw dari SMA IPS haha :P

      Delete
  5. Hei Dimas,

    Suka sama tulisan kamu deh . . ..

    Semangath yah !

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...